Sabtu, 28 April 2012

Tips Mudah Merawat Baterai Laptop

Tips Mudah Merawat Baterai Laptop

Baterai adalah ibarat nyawa pada laptop.Perawatan yang baik pada baterai laptop akan memperpanjang masa pakainya.Baterai laptop tidak perlu sering diganti,jika perawatan yang tepat.Banyak orang mengeluh tentang kualitas baterai laptop yang mereka miliki,padahal jika kita tau bagaimana cara merawatnya mungkin apa yang anda keluhkan selama ini tentang baterai laptop yang cepat usang tidak akan terjadi,tetapi ingat baterai laptop cepat atau lambat juga akan rusak loh,tetapi tentu berbeda jika anda merawatnya dengan baik.Berikut ini tips mudah merawat baterai laptop :

1. Usahakan Baterai Jangan Sampai Kosong
Ini adalah hal yang paling sering terjadi pada pengguna laptop termasuk saya sendiri.Saking sibuknya dengan aktifitas sampai-sampai lupa bahwa laptop tidak terhubung dengan listrik atau di charger.Sehingga tanpa kita sengaja laptop mati seketika karena kehabisan daya baterai,semakin sering ini terjadi tentu saja berpengaruh buruk dengan baterai laptop.

2. Terkadang kita sering mengabaikan hal-hal kecil yang berpengaruh besar terhadap awet atau tidaknya baterai laptop kita.Misalnya menggunakan laptop di atas bantal,di atas karpet dan lain-lain.Perlu kita ketahui bahwa hal ini tentu saja dapat membuat baterai laptop cepat usang karena sirkulasi udara yang terhambat dan membuat baterai cepat panas.Saran saya beli coolpad atau kipas laptop yang dapat membantu meredam suhu laptop yang panas.Membersihkan ventilasi laptop secara berkala dengan alat khusus yang banyak di jual di toko komputer juga tidak kalah pentingnya.Dan tidak menaruh laptop di atas sinar matahari langsung.

3. Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama,sebaiknya charger tetap terhubung dengan laptop,hal ini untuk menghindari baterai kosong tanpa anda sengaja,dari pada anda melepas baterai dan tiba-tiba PLN mati ?? ayo pilih mana.Meskipun beberapa orang mengatakan ketika sedang menggunakan laptop sebaiknya tidak dalam keadaan di charger mungkin ada benarnya juga,tetapi laptop zaman sekarang sudah di desain sedemikian rupa,sehingga ketika baterai sudah penuh maka ia akan otomatis berhenti.

4. Jika anda menggunakan laptop dalam keadaan tidak terhubung dengan charger atau hanya dengan menggunakan baterai,sebaiknya hindari membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan,karena hal ini akan menguras kinerja baterai laptop.

5. Setting power management di control panel untuk mengatur kontras layar laptop tidak terlalu terang.Atur kontras redup senyaman anda melihatnya.Karena semakin tinggi kontras layar tentu saja membuat baterai bekerja lebih ekstra dan membuat baterai laptop anda cepat habis.

6. Ketika anda berniat mengganti baterai laptop atau charger laptop anda,sebaiknya gunakanlah yang original,karena jika anda memaksakan menggunakan baterai atau charger merek lain dengan alasan lebih murah mungkin adalah pilihan yang salah.Sebisa mungkin pakailah baterai dan charger original yang bisa anda temui di Toko-toko resmi penjualan komputer.Bukankah barang original lebih berkualitas ?

0 komentar:

Posting Komentar